Trafik Menurun dan Artikel Tidak Cepat Terindeks, Efek Ganti ke TLD

Posted on

Trafik Menurun dan Artikel Tidak Cepat Terindeks, Efek Ganti ke TLD Setelah mengambil keputusan mengubah blogspot ke TLD alias top level domain atau domain berbayar rupanya benar terdapat efeknya, dan 2 efek yang amat terasa ialah berkurangnya trafik pengunjung serta artikel lawas tidak terindex Google, kok bisa? Logika simpelnya saat kita upgrade dari blogger alias sub domain blogspot ke domain pribadi maka seluruh akan diawali lagi dari awal sebab memang domain itu masih baru dan barangkali belum dikenal oleh search engine sama sekali tidak terkecuali Google, jadi tak heran bila posisi artikel di search engine agak minim terganggu hingga trafik berkurang dan mengingat masih baru tak heran bila artikel yang lama dan baru kita posting tidak cepat terindeks google.

Setelah mempertimbangkan, telah 3 hari artikel yang tidak terindex Google tapi kenyataannya saat saya masih memakai sub domain blogspot biasanya tak sampai salah satu hari artikel yang saya bikin sudah memasuki ke search engine. Memang ada cara singkat terindex Google yakni dengan submit url artikel kamu ke Search Console – Crawl URL, selesai link posting kita submit normalnya hanya didalam hitungan menit telah masuk ke Google Indeks tapi sengaja tak saya lakukan lantaran ingin membiarkan segala proses berjalan dengan cara natural.

Efek Dari Mengganti Blogspot ke TLD (Top Level Domain / Custom Domain)

  • Pengunjung berkurang, sehabis ganti ke TLD umumnya saat kita perbuat penelusuran di Google yang terlihat masih tetap url sub domain blogspot, lalu setelah beberapa hari kemudian baru yang tampak ialah domain baru (TLD), lantaran proses penyesuaian ini sialnya posisi pada search engine Google juga berubah-ubah. Setelah mengerjakan pengecekan memakai beberapa keywords yang mulanya menempati posisi satu saat ini kebanyakan telah berubah jadi posisi ke 2, 3 dst. Ada jug orang lain yang mungkin lebih parah, sampai merosot ke halaman 3, pasti sangat menyayat hati itu hehe.
  • Lama Terindek Google, akibat negatif yang lain yang saya dapatkan ialah sulitnya artikel terindex Google, hingga 3 hari tulisan yang telah diposting masih juga tidak muncul di Google. Sebagaimana saya sebutkan sebelumnya, saya memang sengaja membiarkan proses ini berlangsung dengan cara natural, jadi tak mau submit url crawl Google, mengingat ingin tahu membutuhkan berapa lama waktunya supaya blog normal lagi seperti sebelum kita kerjakan perubahan domain.

Apakah semuanya akan balik normal lagi? mudah-mudahan saja ya karena jika memahami pengalaman blogger lainnya sepertinya efek ini cuma akan terjadi sementara saja, apapun yang berlangsung keputusan saya sudah bulat mau tetap memakai domain ini daripada sub domain blogspot sebab lebih singkat dan tak pusing lagi pada redirect blogspot.com menuju ke blogspot.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.